blogroll

vamos!!!

Jumat, 28 Desember 2018

Penggunaan Peralatan Komputer

Berikut ini adalah beberapa alat yang digunakan dalam lab komputer



Hasil gambar untuk kotak p3k


1. splitter

Ethernet splitter adalah perangkat yang memungkinkan dua komputer atau perangkat jaringan 2 terhubung ke router hanya menggunakan satu kabel Ethernet. , fungsi Ethernet splitter adalah untuk mengurangi jumlah kabel yang dibutuhkan dalam jaringan kabel (LAN). Jika kita menggunakan Ethernet splitter ketika menginstal jaringan, kita dapat mengurangi jumlah kabel yang dibutuhkan untuk setengah jumlah perangkat jaringan atau komputer yang digunakan.
2.    HUB/SWITCH
switch adalah Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.
Hub adalah Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.
3.    Router
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Fungsi Router Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
4.    Komputer
Komputer adalah suatu perangkat yang sangat di butuhkan untuk mengakses internet. Dalam hal ini fungsi dari komputer itu sendiri adalah saana dalam proses akses internet sehingga apabila komputer memiliki spesifikasi yang baik dan bagus, maka daya akses internet juga lebih cepat di bantu dengan koneksi ISP yang sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja kompute dalam mengakses internet.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain Processor, RAM (Random Access Memory), Harddisk, VGA Card, Monitor.
5.    Modem
Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Umumnya alat ini digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial up dengan menggunakan line telephone dalam mengakses data melalui jaringan atau internet. Modem berfungsi untuk memasukan sinyal informasi ke gelombang pembawa sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal informasi dan sinyal gabungan.
6.    Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yan penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem dial up. Saat ini kita tidak harus mendaftar ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet@instan yang secara langsung dapat melakukan akses internet.
7.    Access point
Wireless Access Point adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi bluetooth dan sejenisnya. Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network)ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan
Access Point merupakan titik pusat jaringan wireless, alat ini memancarkan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data. Fungsi Wireless Access Point ini kira-kira sama dengan switch / hub dalam jaringan kabel yang memungkinkan banyak client terhubung ke jaringan
8.     Karpet
 Berfungsi agar kaki tidak langsung menginjak lantai atau tanah.
9.    Tabung Pemadam Kebakaran
Berfungsi ketika ada percikan api yang membesar, kita dapat memadamkannya terlebih dahulu.
10.   Kotak P3K
 Apabila pengguna terkena api atau listrik, dapat langsung diberikan obatnya.
11.    Stavolt
 Dengan memberikan stavolt pada perangkat komputer, kita akan membuat stabil voltase yang berada di komputer tersebut.
12.    Baju lengan panjang
 Agar tidak terkena listrik atau solder ketika sedang berada di lab komputer.
13.    Pembungkus Kabel
Agar kabel yang berada di dalam lab komputer tidak berserakan dan membahayakan pengguna lab
Pengantar Teknologi Informasi
Sisitem Informasi
STMIK Bani Saleh

0 komentar:

Posting Komentar